Selasa, 27 November 2012

Laporan Kunjungan ke Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Timur



BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Kesehatan adalah salah satu kebutuhan pokok dan juga merupakan faktor penting yang mempengaruhi produktivitas dan kualitas sumber daya manusia. Dalam Undang-undang Dasar 1945 pasal 28 H dan Undang-undang nomor 36 tahun 2009 menetapkan bahwa kesehatan adalah hak fundamental setiap warga. Oleh karena itu negara bertanggung jawab dalam pengaturan hak hidup sehat bagi penduduknya. Pembangunan Kesehatan adalah pembangunan manusia seutuhnya dimana faktor kesehatan turut berperan mulai dari pra konsepsi, bayi, balita, remaja, dewasa hingga usia lanjut
Pembangunan dibidang kesehatan pada hakikatnya adalah penyelenggaraan upaya kesehatan untuk mencapai kemampuan hidup sehat bagi setiap penduduk agar dapat mewujudkan kesehatan yang optimal. Kepadatan penduduk di Indonesia merupakan salah satu permasalahan yang ada di masyarakat. Salah satu faktor yang mempengaruhi derajat kesehatan masyarakat di suatu daerah adalah kepadatan penduduk. Hal ini disebabkan karena tingginya angka kelahiran dan terjadinya perpindahan penduduk yang tidak merata yang mengakibatkan munculnya berbagai macam permasalahan kesehatan.

Kalimantan Timur adalah wilayah yang berstatus provinsi di Indonesia. Kalimantan Timur merupakan provinsi terluas kedua di Indonesia dengan luas wilayah 245.237,80 km2 atau sekitar satu setengah kali Pulau Jawa dan Madura atau 11% dari total luas wilayah Indonesia. Wilayah provinsi Kalimantan timur dibagi menjadi 10 Kabupaten dan 4 kota yaitu: Kabupaten Berau, Kabupaten Bulungan, Kabupaten Kutai Barat, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kabupaten Kutai Timur, Kabupaten Malinau, Kabupaten Nunukan, Kabupaten Paser, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kabupaten Tana Tidung, Kota Balikpapan, Kota Bontang, Kota Samarinda dan Kota Tarakan.
Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Timur adalah unsur pelaksana pemerintah provinsi yang memiliki tugas pokok melaksanakan kewenangan desentralisasi, dekonsentrasi dan tugas pembantuan di bidang kesehatan.
Visi pembangunan Bidang Kesehatan Provinsi Kalimantan Timur adalah Kesehatan untuk semua dalam mewujudkan derajat kesehatan masyarakat Kalimantan Timur terbaik di luar Jawa Bali.        
     Makna dari visi tersebut adalah bahwa akses pelayanan kesehatan komprehensif yang bermutu dapat dengan mudah diperoleh masyarakat dan tercapainya sasaran MDGs pada akhir tahun 2013 dengan pencapaian diatas rata-rata nasional dan lebih baik di kawasan luar Jawa Bali.
            Untuk mencapai Visi tersebut, ditetapkan misi sebagai berikut:
1.    Memfasilitasi pemeliharaan dan peningkatan upaya kesehatan yang bermutu, terjangkau, dan berkeadilan.
2.    Mendorong dan menggerakkan pemberdayaan masyarakat untuk hidup sehat dan membangun kemitraan dengan lintas sector.
3.    Mengembangkan sumber daya kesehatan yang memadai dan berkesinambungan.
4.    Memantapkan manajemen kesehatan yang dinamis dan akuntabel.
Keberhasilan pembangunan dibidang Kesehatan dapat diukur melalui program yang telah dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan dengan melihat Visi sebagai cara pandang jauh kedepan tentang diamana pembangunan Kesehatan akan diarahkan dan apa yang akan dicapai dapat eksis dan inovatif.
Oleh sebab itu, agar dapat memahami Visi dan Misi Dinas Kesehatan Provinsi maka dapat dipandang betapa pentingnya melakukan kunjungan instansi ke Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Timur. Adapun kunjungan ke Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Timur Ini dilakukan pada tanggal 16 Juli 2012 dalam rangka Pengalaman Belajar Lapangan untuk mempersiapkan diri terjun ke dunia kerja yang sesungguhnya.

1.2 Tujuan
1.2.1.   Tujuan Umum
                 Agar mahasiswa mengenal dan memahami instansi Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Timur.
1.2.2.   Tujuan Khusus
1.    Memahami tugas dan fungsi pokok pada Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Timur.
2.    Mengenal dan memahami struktur organisasi Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Timur.
3.    Memahami wilayah kerja Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Timur.
4.    Memahami program kesehatan yang dijalankan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Timur.
5.    Memahami hubungan kerjasama di Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Timur.
1.3  Manfaat
Mahasiswa dapat mengenal dan memahami Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Timur sebagai instansi yang berhubungan dengan kesehatan masyarakat serta menambah pengalaman dan pengetahuan kepada Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Mulawarman akan kebijakan dan program yang terdapat pada Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Timur.

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates