Selasa, 27 November 2012

Laporan DKP Kaltim



BAB VI
PENUTUP

6.1 Kesimpulan
Pembangunan Kesehatan adalah pembangunan manusia seutuhnya dimana faktor kesehatan turut berperan mulai dari pra konsepsi, bayi, balita, remaja, dewasa hingga usia lanjut.
Berdasarkan hasil analisa dokumen ke Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Timur dapat diketahui dan disimpulkan bahwa
1.    Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Timur adalah unsur pelaksana pemerintah provinsi yang memiliki tugas pokok melaksanakan kewenangan desentralisasi, dekonsentrasi dan tugas pembantuan di bidang kesehatan.
2.    Struktur organisasi Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Timur berbentuk lini and staf.
3.    Wilayah kerja Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Timur meliputi rumah sakit 47 buah, puskesmas 214 buah, puskesmas pembantu 774 buah, posyandu 4717 buah, polindes 310 buah dan poskesdes 494 buah.
4.    Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Timur menjalankan program yang sesuai dengan perencanaan yang telah dibuat secara berkesinambungan antara lain program upaya kesehatan masyarakat, program standarisasi pelayanan kesehatan, program pencegahan dan penanggulangan penyakit menular, program pengembangan lingkungan sehat, program promosi kesehatan dan pemberdayaan masyarakat, program perbaikan gizi masyarakat, program obat dan perbekalan kesehatan, program peningkatan kapasitas sumber daya aparatur/sumber daya kesehatan, program fasilitas pindah/purna tugas PNS, program kebijakan manajemen pembangunan kesehatan, program kemitraan peningkatan pelayanan kesehatan dan program peningkatan pengembangan system pelaporan capaian kinerja dan keuangan.
5.    Kerjasama baik di lintas program maupun di lintas sektoral dilakukan dengan masing – masing bidang yang terdapat di Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Timur. Dan hubungan kerjasama terjalin dengan semua Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota yang terletak di wilayah Kalimantan Timur.

6.2  Saran
1.  Dalam hal bekerjasama, sebaiknya Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Timur diharapkan dapat meningkatkan kerjasama baik dilintas program maupun sektoral sehingga akan akan menghasikan pelaksanaan dan hasil program sesuai dengan harapan.
2.  Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Timur diharapkan  meningkatkan kerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota yang terletak di wilayah Kalimantan Timur dan meningkatkan sosialisasi program demi eksistensi di masyarakat serta keberhasilan program sesuai dengan target yang dingin dicapai.
3.  Dalam alur pembuatan dan pelaksanaan program hendaknya lebih efektif dan efisien dalam memanfaatkan sumber daya dan dana untuk mewujudkan tujuan serta sasaran yang ditetapkan. selain itu, diperlukan peranan pemerintah daerah dan legislative dalam menyikapi pemenuhan sumber daya kesehatan (tenaga dan pembiayaan) sesuai kebutuhan.

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates